Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Cara Unik Cegah Pembajakan Game

Written By Unknown on 4 November 2011 | 23.00

Zone - Untuk melindungi produknya, sejumlah pengembang game kerap kali menanamkan aplikasi khusus anti pembajakan. Beragam jenis cara pun ditemukan, termasuk cara unik yang satu ini.

Bohemia Interactive yang sebelumnnya membuat gameFirts Person Shooter (FPS) Arma dan Operation Flashpoint menciptakan cara berbeda untuk melindungi produk mereka.

Dikutip Zone dari eurogamer, Sabtu (5/11/2011) game terbaru Bohemia yang bertajuk Take On Helicopters telah dilengkapi aplikasi anti pembajakan yang cukup pintar.


Secara otomatis game tersebut akan memiliki kualitas grafis yang buruk ketika gamer menggunakan versi ilegal, padahal game tersebut diklaim memiliki tampilan visual yang luar biasa jika pemain menggunakan versi asli.

Hal ini ditemukan ketika salah satu pemain game tersebut menyampaikan keluhannya kepada Bohemia melalui forum resmi game tersebut.

"Kami membuat beragam jenis anti pembajakan, yang dialami user tersebut adalah salah satunya," ujar Marek Spanel, CEO Bohemia Interactive.

Sebelumnya, seorang gamer mengeluh mendapatkan kualitas grafis yang tidak biasa ketika memainkan Take On Helicopters. Gambarnya buruk dan terlihat buram, seperti screenshot di bawah ini.




"Pemain yang menggunakan versi asli Take On Helicopters tidak akan menemukan masalah tersebut," tambah Spanel.

Pembajakan memang masalah klasik bagi para pembuat game, terutama untuk game yang dirilis untuk PC. EA Dice, pembuat Battlefield 3, mengaku sudah dirugikan sekitar USD 2 juta akibat pembajakan. Padahal game tersebut baru dirilis selama sepekan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hehe, nice info.. :)

Posting Komentar