Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tips Mengembangkan Keterampilan Menulis Kreatif

Written By zo ne on 24 Oktober 2011 | 21.14

Menulis kreatif bisa jadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Jika Anda berhasil membuktikan cukup berbakat dalam hal tulis-menulis, maka besar kemungkinan Anda akan mampu mengembangkannya sebagai sebuah profesi. Profesi yang sama dengan pekerjaan umum lainnya.
Namun jika Anda tidak cukup berbakat dalam hal menulis dan terus menerus mencoba menulis, ada baiknya Anda mengikuti kelas menulis, pelatihan menulis, workshop, maupun kegiatan lain sejenisnya. Dengan mendapatkan bimbingan yang tepat, Anda bisa menggali lebih dalam potensi diri. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah bertemu dengan teman-teman yang memiliki ketertarikan yang sama.
Tips Menulis 2.000 Kata Per Hari
Salah satu cara melatih kebiasaan menulis secara kreatif adalah membiasakan diri menjadi orang kreatif. Kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berlatih menulis artikel sebanyak 2.000 kata setiap hari. Mengapa harus 2.000 kata? Mengapa harus setiap hari? Penjelasannya adalah sebagai berikut.
Untuk mampu menuangkan gagasan dan ide, bisa saja Anda menuliskan hanya dalam 500 kata. Namun untuk menghasilkan koherensi (kesatuan makna) dalam artikel, sangat disarankan untuk menulis sepanjang 2000 kata. Terlebih lagi jika Anda sebagai penulis yang berencana menerbitkan sebuah buku. Artikel sebanyak 2000 kata sangat bagus untuk membangun motivasi menulis berikutnya.
Mengapa setiap hari? Setiap langkah besar selalu diawali dengan langkah pertama. Dengan melakukan kebiasaan yang baik, secara tidak langsung Anda telah mencicil kesuksesan masa depan sedikit demi sedikit. Untuk mencapai angka sembilan, kita perlu memulai dari angka nol, satu, dua, dan seterusnya. Maka langkah tersebut bisa dimulai hari ini dan setiap hari.

Berlatih Menulis Dengan Membuat Blog Pribadi

Blog pribadi adalah salah satu trend yang hadir seiring dengan berkembangnya teknologi. Blog pribadi adalah jurnal online yang berfungsi sama dengan buku harian. Secara berkala kita berlatih menulis melalui blog pribadi. Mulanya hanya beberapa paragraf dan kemampuan ini bisa kita tingkatkan secara berkala setiap waktu.
Saat mempublikasikan artikel blog maka terdapat pengunjung yang memberikan komentar terhadap tulisan kita. Inilah salah satu bentuk interaksi antara pembaca dan penulis menanggapi satu topik permasalahan. Seringkali motivasi menuliskita dapat dari komentar teman-teman yang mengunjungi blog. Bila kita telat mempublikasikan artikel, mereka akan mendorong kita untuk menulis lagi dan lagi.
Menulis secara kreatif bukanlah satu hal yang dimonopoli oleh penulis terkenal. Bahkan Anda yang baru tertarik dunia penulisan bisa mendapatkan feel terbaik untuk menggali ide. Selama pikiran Anda terbuka menyerap informasi dari luar dan mengolah menjadi sumber ide, maka menulis secara produktif bukanlah satu impian. Selamat menulis!

0 komentar:

Posting Komentar