Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

BBX, Sistem Operasi Baru RIM untuk BlackBerry

Written By zo ne on 19 Oktober 2011 | 01.54

Zone - Research In Motion (RIM) memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya, BBX. OS berbasis QNX ini dipersiapkan RIM sebagai senjata melawan Google dan Apple.


BBX yang baru diperkenalkan pada perhelatan BlackBerry DevCon Americas 2011, disebut sebagai platform generasi terbaru yang diperuntukkan bagi smartphone dan tablet BlackBerry.


Platform ini mengombinasikan hal terbaik dari BlackBerry dan QNX serta dirancang untuk memungkinkan pengalaman mobile real-time yang powerful. Ini dikatakan RIM akan membedakan produk dan layanan BlackBerry.


Selain mendukung layanan cloud BlackBerry, BBX juga akan mendukung berbagai aplikasi yang dikembangkan menggunakan perangkat apapun yang kini tersedia bagi BlackBerry PlayBook. Antara lain termasuk Native SDK, Adobe AIR/Flash dan WebWorks/HTML5, juga BlackBerry Runtime untuk Android Apps di tablet dan smartphone berbasis BBX yang akan dirilis nanti.


RIM juga membuatnya agar mendukung bagi para native developer. Disebutkan President dan Co-CEO RIM Mike Lazaridis, dengan hampir lima juta aplikasi BlackBerry diunduh setiap harinya, konsumen RIM menjadikan BlackBerry sebagai salah satu platform paling menguntungkan bagi developer.


"Kami memberikan tool yang dibutuhkan developer untuk membangun aplikasi yang lebih kaya dan kami menyediakan arahan bagaimana cara terbaik mengembangkan aplikasi smartphone dan tablet, seiring platform BlackBerry dan QNX bertemu dalam platform generasi terbaru kami, BBX," ujarnya seperti dikutip detikINET dari situs resmi RIM, Rabu (19/10/2011)


BBX juga akan meliputi BlackBerry Cascades UI Framework terbaru untuk grafis yang lebih canggih dan menghadirkan kemampuan 'Super App' guna memungkinkan kemampuan seperti integrasi yang lebih dalam di antara aplikasi, layanan Push, BlackBerry Messenger dan masih banyak lagi.


RIM bertaruh generasi baru BBX ini memungkinkannya bersaing dengan Apple dan Google. Seperti diketahui, keduanya telah melahap potongan besar 'kue' di pangsa pasar perangkat mobile bahkan mengancam BlackBerry.


Sampai sebelum perangkat BBX belum sampai ke pasar, RIM masih bergantung pada senjata lamanya, yakni sederet smartphone BlackBerry OS 7 terbaru untuk mempertahankan pangsa pasarnya.

0 komentar:

Posting Komentar