Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Peneliti Temukan Cacat di Software iPhone

Written By zo ne on 7 November 2011 | 21.37

Zone - Sebuah cacat pada software di piranti iPhone dan iPad ditemukan oleh seorang peneliti. Dilaporkan, cacat ini memungkinkan hacker untuk membuat aplikasi 'beracun' yang dipakai guna mencuri data-data di dalam piranti tersebut.

Peneliti dari Accuvant Lab, Charlie Miller mengetes celah ini dengan membuat sebuah program jahat tiruan. Saat diuji coba dimasukkan ke App Store, ternyata tes keamanan yang dimiliki Apple tidak mendeteksi bahwa program tersebut berbahaya, dan meloloskannya.

Memang belum ada bukti bahwa ada tangan-tangan usil yang memanfaatkan kelemahan ini di software iOS. Akan tetapi dengan adanya uji coba dari Miller, kini terbuka kemungkinan akan adanya malware di App Store.


"Hingga kini Anda bisa mendonwload apa saja dari App Store dan tidak khawatir bahwa program tersebut jahat atau tidak. Sekarang, Anda patut waspada terhadap program-program tersebut," ujar Miller seperti yang dikutip Zone dari Reuters, Kamis (8/11/2011).

Dikatakan oleh pihak keamanan Apple bahwa hacker bisa saja menciptakan aplikasi kemudian diam-diam menginstal program yang bisa mencuri data-data user, mengirimkan SMS, atau mengobrak-abrik informasi di dalamnya.

Miller sendiri sebelumnya pernah menemukan adanya bug di sistem pesan text yang dimiliki iPhone pada tahun 2009. Bug ini membuat penyerang mampu mengambil alih kontrol piranti tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar