Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Facebook Protes Blogger Indonesia

Written By zo ne on 16 November 2011 | 23.58

Zone - Niat hati untuk berkreasi, namun malah berujung berurusan dengan kuasa hukum. Itulah yang dialami blogger Indonesia yang bernama Ainun Nazieb. 'Lawan mainnya' pun tak tanggung-tanggung, yakni situs jejaring raksasa Facebook!

Kisah berurusannya Nazieb dengan Facebook ini bermula ketika ia coba berkreasi membuat themes untuk blog yang tampilannya mirip dengan Facebook. Tema yang ia pilih adalah 'Smells Like Facebook'.

"Awal membuat themes ini untuk pribadi, lalu dirilis untuk umum. Tapi bukan untuk dijual, jadi banyak yang download," ujarnya kepada Zone, Kamis (17/11/2011).

Hanya saja, kreativitas Nazieb berbenturan dengan Undang-undang Hak Cipta. Hingga pada akhirnya, dirinya dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai kuasa hukum Facebook untuk mengklarifikasi masalah ini.

"Jadi dianggap melanggar oleh pengacara mereka (Facebook-red.). Dan nanti akan dijadwalkan untuk sesi klarifikasi masalahnya," lanjut Nazieb.

Kasus ini sendiri memang belum sampai ke tangan pihak berwajib. Namun pihak Facebook sudah mengirimkan surat keberatannya.

Themes bergaya Facebook yang dipermasalahkan itu kini sudah dihentikan aktivitas pengunduhannya di blog pribadi Nazieb.

"Dan hari Rabu depan rencananya baru akan ketemu kuasa hukum mereka (Facebook-red.)," pungkasnya.

2 komentar:

Anna AQyuan mengatakan...

Ehmm... berawal dari iseng eh malah kena sangsi yaa... ^_^

Alhamdulillah saya tidak pernah punya niat seperti itu...xixiix

Ilmu Komputer dan Teknologi mengatakan...

wah, kasihan bgt sobat blogger kita tuh

Posting Komentar